Skip to content
Iklan

Poliklorin Bifenil di Lingkungan


​Sebelumnya telah disebutkan pada artikel tentang POPs bahwa Poliklorin Bifenil (PCB) merupakan salah satu bahan kimia yang digencarkan untuk dipantau pemakaiannya. Poliklorin Bifenil (PCB), senyawa ini berasal dari pemanfaatan bahan- bahan pelumas dan plastik. PCB sering dikaitkan dengan pencemaran air. Ada beberapa tipe polutan yang dapat merusak perairan yaitu; bahan- bahan yang mengandung bibit penyakit, bahan- bahan yang banyak membutuhakan oksigen untuk penguraiannya, bahan- bhan kimia organic dari industri atau limbah pupuk pertanian, bahan- bahan yang tidak sediment, bahan- bahan yang mengandung radioaktif dan panas. Pembuangan sampah dapat mengakibatkan kadar O2 terlarut dalam air semakin berkurang karena sebagian besar dipergunakan oleh bakteri pembusuk.

Bagaimana sifat PCB?

PCB adalah polychlorinated biphenyl (PCB; CAS number 1336-36-3 ). PCB memiliki 209 konfigurasi struktur organochloride dengan 2 sampai 10 chlorine atoms menemple pada biphenyl (Molekul terbentuk dari 2 benzene ring). Formulasi kima dari PCB adalah C12H10-xClx. Hanya 130 dari 209 susunan PCB digunakan untuk produk komersial [1][2]. PCB dipakai untuk cairan pendingin pada transformer, kapasitor dan motor electrics. Struktur PCB sangat stabil dan sulit terurai di lingkungan. PCB mempunyai half life yang panjang (8 sampai 10 tahun) dan tidak larut dalam air. Penghancuran menggunakan kimia, suhu atau biochemical proses sangat lah sulit dan menghasilkan resiko lebih besar dan berbahaya karena oksidasi parsial bias membentuk senyawa dibenzodioxins dan dibenzofurans yang sangat beracun. Senyawa ini di larang keras digunakan untuk tujuan komersil di banyak negara.

Apa efeknya terhadap kesehatan?

    Efeknya pada kesehatan adalah mutagenic (menyebabkan kanker) dengan mengganggu kerja hormone. Misalnya gangguan hormone estrogen yang menyebabkan kanker payudara, cervic dan uterus. Menggangu proses pertumbuhan dan gangguan fungsi saraf pusat. Strukturnya yang memiliki kemiripan dengan Thyroid hormone terbukti menyebabkan gangguan pertumbuhan dendrite pada sel purkinje di otak kecil.

   Expose dan kontaminasi PCB melalui udara, makanan dan minuman yang terkontaminasi, kontak kulit dengan alat listrik tua yang mengandung PCB. Dan PCB dapat ditranfer oleh ibu pada anaknya melalui ASI. Tingginya kadar dopamine ini akan menyebabkan sifat hyperaktif. 

   Untuk Indonesia secara khusus, masih sangat kurang informasi, apakah senyawa kimia ini juga sudah teregulasikan dengan baik. Perlu kerjasama yang baik dengan para sejawat dari tehnik kimia lingkungan untuk bersama sama memonitor tingkat persebaran dan pencemaran PCB dan turunannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: