Posted on Leave a comment

Hati-Hati, Duduk Dapat Mempengaruhi Kesehatan, Lho !

office-chair-injury-300x262

Semakin banyak penelitian mengkonfirmasikan bahwa kegiatan duduk yang terlalu sering beresiko tinggi bagi keehatan kita. Hal itu dapat meningkatkan kemungkinan penyakit kardiovaskuler dan penyakit gaya hidup lainnya seperti diabetes. Beberapa penelitian memperkirakan bahwa jumlah pengidap akibat gaya hidup tersebut tidak beda jauh dengan penyakit yang menyerang para perokok.

Orang dewasa rata-rata duduk antara 9 sampai 11 jam sehari dan angka tersebut juga akan meningkat seiring dengan usia. Bahkan dalam sebuah penelitan dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia atau NTNU yang diterbitkan oleh Mayo Clinic Proceedings mengungkapkan bahwa orang dewasa rata-rata duduk sebanyak 12 hingga 13 jam dalam sehari dan mereka yang lanjut usia bisa mencapai 15 dalam sehari.

Tetapi para peneliti memperhitungkan dalam tingkat kebugaran mereka bahwa mereka yang lebih sehat atau bugar memiliki faktor resiko kardiovaskular lebih rendah dari yang tidak. Apalagi saat ini kebanyakan pekerjaan melibatkan aktivitas duduk lebih banyak dan tidak sehingga mereka yang kurang fit atau bugar memiliki peluang terserang kardiovaskular lebih besar.

Penelitian NTNU dilakukan sebagai bagian dari penelitian yang lebih besar yang disebut Generation 100, yang merupakan percobaan klinis lima tahun secara acak dan terkontrol dimulai pada tahun 2012 untuk melihat apakah latihan dapat menyebabkan umur lebih panjang dan lebih aktif dan sehat pada orang tua.

Untuk penelitian ini, Sandbakk dan rekan-rekannya menggunakan informasi dasar yang dikumpulkan ketika proyek Generation 100 ini dimulai dan melihat subset dari peserta yang tidak tahu tentang penyakit kardiovaskular.

Para peneliti akan mengikut bagian peserta studi ini untuk melihat apakah meningkatkan kebugaran dalam individu menetap bisa mencegah atau menunda penyakit yang terkait dengan gaya hidup dan mampu memperpanjang usia.

Para peneliti mengambil pengukuran akselerometer lebih dari seminggu sebagai ukuran yang obyektif dari kegiatan tersebut dan melibatkan 874 peserta. Ketika mereka membandingkan pada tingkat aktivitas ke tingkat kebugaran dan cluster faktor kardiovaskular. Mereka menemukan bahwa manula yang memiliki tingkat kebugaran tertinggi yang didefinisikan sebagai 40 persen dari kelompok studi memiliki resiko terendah memiliki penyakit kardiovaskular.

Sebuah cluster faktor risiko kardiovaskular didefinisikan sebagai keberadaan tiga dari lima faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk lingkar pinggang tinggi, trigliserida darah atau mengurangi kadar kolesterol “baik” atau sedang dirawat karena ini, tekanan darah tinggi atau pengobatan untuk hipertensi, serta peningkatan kadar gula darah puasa (atau sedang dirawat karena diabetes). Gejala-gejala ini dikombinasikan sering disebut sindrom metabolik.

Apa yang paling mengejutkan adalah bahwa temuan ini memang benar bahkan jika orang tua yang paling cocok dalam studi ini tidak memenuhi rekomendasi saat ini untuk moderat untuk aktivitas fisik yang kuat.

Sebaliknya, pertemuan pedoman aktivitas fisik sendiri tampaknya tidak cukup untuk menghilangkan risiko kardiovaskular yang terkait dengan perilaku menetap jika orang tidak memiliki tingkat tertentu kebugaran kardiorespiras.

Sanbakk mengatakan bahwa namun demikian, ada sedikit keraguan tentang manfaat dari aktivitas fisik secara teratur, bahkan jumlahnya di bawah rekomendasi umum. Tetapi, penjelasaan bahwa kebugaran membuat perbedaan untuk kelompok usia ini masih sementara harus menunggu untuk mengumpulkan lebih banyak bukti.

Sumber : sciencedaily.com

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.