Posted on Leave a comment

Sintesis Polimer

Polimerisasi adalah proses menggabungkan banyak molekul kecil yang dikenal sebagai monomer menjadi rantai kovalen atau jaringan. Selama proses polimerisasi, beberapa kelompok bahan kimia mungkin hilang dari setiap monomer. Hal ini terjadi, misalnya, dalam polimerisasi PET polyester . Monomer yang asam tereftalat (HOOC-C 6 H 4 -COOH) dan etilena glikol (HO-CH 2 – CH 2 -OH) tetapi unit pengulangan adalah -oc-C 6 H 4 -COO-CH 2 -CH 2 – O-, yang sesuai dengan kombinasi dari dua monomer dengan kehilangan dua molekul air. Potongan yang berbeda dari masing-masing monomer yang dimasukkan ke dalam polimer dikenal sebagai unit ulang atau residu monomer.

Metode sintetis laboratorium secara umum dibagi menjadi dua kategori, polimerisasi langkah-pertumbuhan dan polimerisasi rantai-pertumbuhan . Perbedaan penting antara keduanya adalah bahwa dalam polimerisasi pertumbuhan rantai, monomer ditambahkan ke rantai satu per satu saja, seperti di polietilen , sedangkan pada langkah-pertumbuhan rantai polimerisasi monomer dapat menggabungkan dengan satu sama lain secara langsung, seperti di poliester . Namun, beberapa metode baru seperti polimerisasi plasma tidak cocok dengan kategori baik. Reaksi polimerisasi sintetik dapat dilakukan dengan atau tanpa katalis . Sintesis laboratorium biopolimer, terutama dari protein , merupakan daerah penelitian intensif.

Sintesis biologis

Ada tiga kelas utama biopolimer: polisakarida , polipeptida , dan polynucleotides . Dalam sel hidup, mereka dapat disintesis oleh proses enzim-dimediasi, seperti pembentukan DNA dikatalisasi oleh polimerase DNA . Sintesis protein melibatkan beberapa proses enzim-dimediasi untuk menuliskan informasi genetik dari DNA ke RNA dan kemudian menerjemahkan informasi untuk mensintesis protein tertentu dari asam amino . Protein dapat dimodifikasi lebih lanjut berikut terjemahan untuk memberikan struktur dan fungsi yang tepat. Ada biopolimer lain seperti karet , suberin , melanin dan lignin .

Modifikasi polimer alam

Alami polimer seperti kapas, pati dan karet bahan akrab selama bertahun-tahun sebelum polimer sintetis seperti polyethene dan perspex muncul di pasar. Banyak polimer komersial penting disintesis oleh modifikasi kimia polimer alami. Contoh menonjol termasuk reaksi asam nitrat dan selulosa untuk membentuk nitroselulosa dan pembentukan karet vulkanisat dengan memanaskan karet alam di hadapan sulfur . Cara di mana polimer dapat dimodifikasi meliputi oksidasi , cross-linking dan akhir-capping.

Terutama dalam produksi polimer, pemisahan gas dengan membran telah mengakuisisi semakin penting dalam industri petrokimia dan sekarang unit operasi yang relatif mapan. Proses degassing polimer diperlukan untuk memenuhi polimer untuk ekstrusi dan pelletizing, meningkatkan keselamatan, lingkungan, dan aspek kualitas produk. Nitrogen umumnya digunakan untuk tujuan ini, menghasilkan gas ventilasi terutama terdiri dari monomer dan nitrogen.

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.