Posted on 1 Comment

Bagaimana Mengidentifikasi Bahan Kimia?

​Pada pengujian di laboratorium, sebelum memasuki analisis kadar suatu bahan yang disebut analisis kuantitatif, kita harus memastikannya terlebih dahulu dengan mengidentifikasi bahan tersebut.

Apa itu identifikasi bahan?

Identifikasi bahan adalah suatu cara untuk mempelajari karakteristik bahan tersebut atau dapat pula bertujuan untukmenyelidiki dan mengetahui kandungan senyawa-senyawa apa saja yang terdapat dalam sampel uji dengan analisis kualitatif. Identitifikasi bahan meliputi sifat fisika yang terdiri dari bentuk, warna, bau, dan sifatnya.

Identifikasi bahan secara kimia dilakukan dengan mengamati reaksi bahan berbagai metoda, dengan cara klasik ataupun menggunakan instrument kimia.

Seperti apa contohnya?
1.Cara Klasik

Cara yang digunakan dalam melakukan uji analisa kualitatif ini dapat berupa cara-cara klasik maupun menggunakan instrumen canggih. Metode pengujian klasik yang paling penting yaitu analisa warna atau reaksi warna.
Uji warna analisa kualitatif dapat digunakan untuk senyawa anorganik baik itu kation, anion, ataupun  juga untuk senyawa organik seperti teknik skrining fitokimia dalam pemilihan metabolit sekunder tumbuhan. Metode analisa kualitatif lainnya yang dapat digunakan untuk mengetahui kandungan zat ialah uji warna nyala.

Dengan membakar senyawa uji kemudian melihat warna nyala spesifik yang dihasilkan maka dapat diketahui senyawa yang terkandung di dalamnya. Kedua metode itu merupakan uji pendahuluan.
2.Menggunakan Instrument

Instrumen analisa yang di kenal di masa sekarang ini dapat melakukan beragam analisa kualitatif tergantung dari spesifikasi instrumen.

Misalnya Spektrofotometer UV-Vis untuk senyawa organik yang mempunyai gugus kromofor, AAS untuk logam-logam, HPLC untuk senyawa-senyawa organik, Spektrofotometer IR untuk analisa gugus fungsi senyawa organik, dan masih banyak yang lainnya.

Dari pemeriksaan menggunakan instrument tersebut kita dapat mengetahui ciri spesifik dari bahan misalnya panjang gelombang dari bahan tersebut akan sesuai dengan literatur.

1 thought on “Bagaimana Mengidentifikasi Bahan Kimia?

  1. Gan, kalau saya ingin bikin brand sendiri sebuah produk pengkilap otomotif, komposisinya bisa mencontoh dari produk yg sudah ada? Kalau bisa, berapa biaya jasa per produknya?

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.