Produksi Asam Format

Ketika metanol dan karbon monoksida digabungkan dalam kehadiran yang kuat dasar , hasilnya adalah metil format , menurut persamaan kimia:

CH3OH + CO → HCO2CH3

Dalam industri, reaksi ini dilakukan dalam fasa cair pada tekanan tinggi. kondisi reaksi yang khas adalah 80 ° C dan 40 atm. Dasar yang paling banyak digunakan adalah natrium metoksida . Hidrolisis dari metil format menghasilkan asam format:

HCO2CH 3 + H2O → HCO2H + CH3OH

hidrolisis efisien dari metil format membutuhkan kelebihan besar air. Beberapa rute melanjutkan langsung dengan terlebih dahulu mengobati metil format dengan amonia untuk memberikan formamida , yang kemudian dihidrolisis dengan asam sulfat :

HCO2CH 3 + NH3 → HC(O)NH 2 + CH3OH
2 HC(O)NH2 + 2H2O + H2SO4 → 2HCO2H + (NH 4)2SO 4

Kelemahan dari pendekatan ini adalah kebutuhan untuk membuang amonium sulfat sampingan. Masalah ini telah menyebabkan beberapa produsen untuk mengembangkan metode hemat energi memisahkan asam format dari kelebihan air yang digunakan dalam hidrolisis langsung. Dalam salah satu proses ini (yang digunakan oleh BASF ) asam formiat dihapus dari air dengan ekstraksi cair-cair dengan basa organik.

Produk sampingan dari produksi asam asetat

Sebuah jumlah yang signifikan dari asam format diproduksi sebagai produk sampingan dalam pembuatan bahan kimia lainnya. Pada suatu waktu, asam asetat diproduksi dalam skala besar oleh oksidasi alkana, saat proses asam format yang dihasilkan signifikan. rute oksidatif ini untuk asam asetat menurun, sehingga rute yang tersebut asam format telah menjadi lebih penting.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.