Posted on 2 Comments

Cara untuk Memulai Belajar Kimia

Pelajaran kimia memang dianggap sebagai pelajaran yang cukup sulit dipahami oleh sebagian siswa, sebab karena kimia berbeda dengan fisika dan biologi di mana bidang studi tersebut tidak mudah untuk dibayangkan jika tidak mempunyai dasar ilmu tersebut. Untuk itu, di sini ada beberapa cara untuk dapat memahami kimia.

Siswa terbaik menempatkan upaya mereka dalam belajar, mereka tidak mengkhawatirkan atau tidak menitikberatkan pada tes. Namun demikian, bila Anda terus menerus bertanya pada diri sendiri ketika Anda membaca tentang materi apa yang mungkin keluar pada tes tentu Anda akan menyadari bahwa membaca Anda menjadi lebih berfokus dan produktif.

Untuk membaca secara efektif, Anda perlu menjadi pembaca aktif. Artinya, Anda harus terlibat ide-ide yangtertuang dalam buku tersebut, tidak hanya sekedar membaca saja.

Bagaimana cara membaca aktif ?

Yang pertama terus ajukanlah pertanyaan! Hal apa yang penting? Persamaan apa yang penting untuk memecahkan masalah tersebut? Apa gagasan utama dalam bab tersebut? Apa bentuk-bentuk persamaan lain yang dapat diambil? Jenis masalah lain apa saja yang dapat diselesaikan dengan persamaan ini ? Hasilnya diukur dalam unit apa saja ? apakah materi ini berhubungan dengan yang saya pelajari pada semester sebelumnya? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda ajukan. Itu merupakan hal yang lebih efektif untuk dan lebih tahan lama tertanam di otak Anda.

Yang kedua adalah mencatat bacaan yang diperlukan. Seringkali kita malas mencatat dengan alasan kita merasa tidak perlu mencatat karena mudah dihafal. Memang tidak ada masalah jika Anda merasa sudah mampu menguasainya, namun akan lebih baik lagi jika Anda mencatatnya. Dengan begitu Anda sudah memperbesar peluang untuk menguasai materi tersebut. Di samping Anda menguasainya, Anda juga dapat mempertahankannya lebih lama di kepala Anda.  Tuliskan istilah-istilah penting, definisi dan lain sebagainya. Buatlah sebuah peta konsep, persamaan dan reaksi.

Yang ketiga adalah bekerja dan berlatih pada semua masalah yang disajikan dalam buku tersebut, pemecahan masalah seperti apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara Anda menghadapinya saat ujian, sehingga Anda perlu berlatih dan berlatih ketika membaca, tidak hanya sepintas di pikiran Anda.

Selain itu, diskusikan apa yang Anda baca dengan teman yang juga mengerti tentang materi tersebut. Dengan begitu Anda mampu mengidentifkasi titik kebingungan dan menimbulkan pengetahuan baru bagi Anda.

Dengan begitu, secara singkat dapat dikatakan bahwa memahami pelajaran kimia adalah dengan membaca dan praktek serta mendiskusikannya sehingga kita mampu lebih memahami lebih dari apa yang dibaca.

sumber :Web.uri.edu

 

2 thoughts on “Cara untuk Memulai Belajar Kimia

  1. min ada rekomendasi buku atau novel yang bisa menambah wawasan di bidang kimia gak?

    1. Ada manga. Namanya dr stone. Hehehe

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.