Posted on Leave a comment

Siklus hidup virus

Setelah bahasan cukup panjang dan libur cukup panjang juga, hehe. Masih ada kah yang ingat tentang artikel-artikel sebelumnya? 😀

Virus mirip, tapi tidak dianggap, organisme hidup . Untuk dipertimbangkan “hidup”, suatu organisme harus mampu mereproduksi, baik secara aseksual atau seksual. Virus, namun, hanya mampu mereplikasi diri dengan menyita aparat reproduksi sel makhluk hidup dan membuat mereka mereproduksi struktur genetik virus sebaliknya. Dengan demikian, virus tidak dapat berfungsi atau mereproduksi luar sel makhluk lain, sehingga menjadi benar-benar tergantung pada sejumlah sel untuk bertahan hidup.  Kebanyakan virus adalah spesies tertentu, dan virus terkait biasanya hanya menginfeksi kisaran sempit tanaman, hewan, bakteri , atau jamur.

Ketika virus menginfeksi sel, virus memaksa untuk membuat ribuan lebih banyak virus. Hal ini dilakukan dengan membuat sel copy DNA virus atau RNA, membuat protein virus, yang semua berkumpul untuk membentuk partikel virus baru.

Ada enam dasar, tahap tumpang tindih dalam siklus hidup virus dalam sel hidup:

  • Attachment adalah pengikatan virus untuk molekul tertentu pada permukaan sel. spesifisitas ini membatasi virus untuk jenis yang sangat terbatas sel. Misalnya, human immunodeficiency virus (HIV) menginfeksi hanya manusia sel T , karena protein permukaannya, gp120 , hanya bisa bereaksi dengan CD4 dan molekul lain pada permukaan sel T ini. virus tanaman hanya dapat melampirkan untuk menanam sel dan tidak dapat menginfeksi hewan. Mekanisme ini telah berevolusi untuk mendukung mereka virus yang hanya menginfeksi sel di mana mereka mampu bereproduksi.
  • Penetrasi berikut lampiran; virus menembus sel inang oleh endositosis atau fusi dengan sel.
  • Uncoating terjadi di dalam sel ketika kapsid virus dihapus dan dihancurkan oleh enzim virus atau enzim tuan rumah, sehingga mengekspos asam nukleat virus.
  • Replikasi partikel virus adalah tahap di mana sel menggunakan messenger RNA virus dalam sistem sintesis protein untuk memproduksi protein virus. RNA atau sintesis DNA kemampuan sel memproduksi DNA virus atau RNA.
  • Assembly berlangsung di sel ketika protein virus baru dibuat dan asam nukleat bergabung untuk membentuk ratusan partikel virus baru.
  • Rilis terjadi ketika virus baru melarikan diri atau dilepaskan dari sel. Kebanyakan virus mencapai hal ini dengan membuat sel-sel pecah, proses yang disebut lisis . Virus lain seperti HIV yang dirilis lebih lembut dengan proses yang disebut pemula

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.