Posted on Leave a comment

Oksigen terlarut

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT0s01gTtgKZSEP8KNwHq-m0NbGbUOX_1h_TB4vcep2dqcQPue1

Tahukah kalian guna oksigen terlarut dalam air?
Oksigen terlarut  digunakan dalam penghancuran bahan organik dalam air. Tanpa adanya oksigen terlarut pada tingkat konsentrasi tertentu, banyak jenis organisme akuatik tidak akan pernah ada dalam air. Banyak ikan mati bukan diakibatkan oleh zat pencemar langsung tetapi dari kekurangan oksigen sebagai akibat dari pemakaiannya untuk menghancurkan zat pencemar.

Sebagai contoh hujan lebat yang terjadi setelah kemarau panjang akan mencuci sejumlah besar kotoran dan buangan lain dari kandang ternak ke dalam sungai dan danau. Begitu sampah-sampah dihancurkan , kandungan terlarut dalam air menurun sampai tingkat yang paling rendah sehingga mematikan ikan yang ada di danau. Jadi, ikan-ikan tersebut mati karena tidak dapat bernapas bukan karena pengaruh toksik langsung dari zat pencemar itu.
Dalam udara yang bersih dan kering terdapat 20.95% oksigen berdasar volume, dan sebagian besar oksigen dalam air berasal dari atmosfer.

Oksigen terlarut umumnya berasal dari difusi udara melalui permukaan air, aliran air masuk, air hujan, dan hasil dari proses fotosintesis plankton atau tumbuhan air. Oksigen terlarut merupakan parameter penting karena dapat digunakan untuk mengetahui gerakan masssa air serta merupakan indikator yang peka bagi proses-proses kimia dan biologi . Kadar oksigen yang terlarut bervariasi tergantung pada suhu, salinitas, turbulensi air, dan tekanan atmosfer. Kadar oksigen terlarut juga berfluktuasi secara harian (diurnal) dan musiman, tergantung pada pencampuran (mixing) dan pergerakan (turbulence) massa air, aktivitas fotosintesis, respirasi, dam limbah (effluent) yang masuk ke badan air. Selain itu, kelarutan oksigen dan gas-gas lain berkurang dengan meningkatnya salinitas sehingga kadar oksigen di laut cenderung lebih rendah daripada kadar oksigen di perairan tawar. Peningkatan suhu sebesar 1°C akan meningkatkan konsumsi oksigen sekitar 10.

Bagaimana cara meningkatkan jumlah oksigen terlarut dalam air?
Cara untuk menanggulangi jika kekurangan kadar oksigen terlarut adalah :
1. Menurunkan suhu/temperatur air,  jika temperatur turun maka kadar oksigen terlarut akan naik.
2. Mengurangi kedalaman air,  semakin dalam air tersebut maka semakin kadar oksigen terlarut akan naik karena proses fotosintesis semakin meningkat.
3. Mengurangi bahan – bahan organik dalam air, karena jika banyak terdapat bahan organik dalam air maka kadar oksigen terlarutnya rendah.
4. Diusahakan agar air tersebut mengalir.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.