Posted on Leave a comment

air nabeez

https://bisakimiadotcom.wpcomstaging.com/wp-content/uploads/2016/06/62f44-11849854_1621423188137133_1549679185_n.jpg

Bagi umat Islam, bulan yang ditunggu-tunggu sebentar lagi tiba. Ya, bulan suci Ramadhan. Salah satu persiapan untuk menyambut Ramadhan adalah persiapan fisik. Pernah dengar infused water sebagai sumber energi tubuh?
Seperti apa sih infused water?


Infused water adalah minuman yang terbuat dari campuran potongan-potongan buah dan herbal tertentu. Nutrisi dari bahan-bahan yang dicampurkan ini akan larut ke dalam air, termasuk juga rasanya akan larut.
Infused water pada prinsipnya tidak hanya berisi irisan buah tapi juga bisa dimasukan herbal atau rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, daunt mint, daun kemangi, serai dan lain sebagainya.

Tetapi ada buah yang tak kalah hebatnya lho untuk dijadikan infused water. Yap, kurma. Kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera merupakan tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix. Infused water yang berasal dari rendaman kurma ini disebut air nabeez. Apa saja ya yang terkandung dalam kurma?

1. Glukosa dan Fruktosa

Kurma mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi dan umumnya berasal dari jenis glukosa dan fruktosa. Jenis gula yang terdapat pada kurma adalah hasil pengolahan secara alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan.
Kandungan gula yang tinggi menjadikan buah ini merupakan sumber energi instan untuk mengembalikan energi.

2. Serat Pangan

Kurma adalah sumber serat pangan yang baik.  Serat pangan terdiri dari dua jenis yaitu serat pangan larut dan serat pangan tak larut. Serat pangan tak larut berfungsi meningkatkan volume feses sehingga menurunkan waktu transit di usus dan lebih mudah dikeluarkan.

Penurunan waktu transit feses akan menurunkan waktu kontak sel-sel mukosa usus besar dengan zat-zat karsinogen dari feses. Serat pangan larut dapat membantu mengontrol diabetes dengan menurunkan peningkatan kadar gula darah. Selain itu serat pangan larut juga berperan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

3. Mineral

Kurma mengandung mineral-mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Fungsi mineral secara umum yaitu membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot serta berperan dalam tekanan darah. Kurma kaya akan kalium dan rendah sodium. Kalium berperan dalam memelihara kontraksi otot termasuk juga otot jantung.

Selain itu berperan untuk memelihara sistem syaraf dan menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Karena kalium tidak disimpan dalan tubuh dan banyak hilang melalui keringat, sehingga perlu disuplai dari makanan. Kalium membantu menurunkan tekanan darah.
Selain kalium, kurma juga mengandung mineral-mineral penting seperti kalsium, besi, magnesium, mangan, tembaga dan fosfor.

4. Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam buah kurma antara lain vitamin A, tiamin (Vit B1), riboflavin (Vit B2), niasin (Vit B3), dan asam pantotenat (Vit B5) dalam jumlah yang bisa diandalkan. Selain itu terdapat juga kandungan vitamin C dan vitamin E. Vitamin A berfungsi untuk memelihara fungsi mata dan mencegah kekeringan dan penyakit mata. Vitamin B berfungsi menenangkan sistem syaraf dan untuk relaksasi jantung serta membuat pikiran menjadi lebih riang.

Untuk cara pembuatan air nabeez ini cukup merendam sejumlah kurma dalam segelas air semalaman. Jangan merendam lewat 3 hari ya, karena akan berfentasi.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.