Posted on Leave a comment

ada yang aneh dengan air? hmm

https://bisakimiadotcom.wpcomstaging.com/wp-content/uploads/2016/04/1d848-399710_534545259894375_1988536268_n.jpg

sumber

Pernah lihat air minum dalam kemasan membeku? Kok jadi menggembung ya? Seolah- olah airnya bertambah banyak.? hmmmmmm

Ok, bahasan kali ini mungkin agak ke “fisika-fisikaan” hehe,, tapi di kimia memang ada yang membahas fisika, Kimia Fisika.. cool

Jadi kenapa sih dengan air diatas tadi? perna lihat?

Ternyata hal tersebut akibat anomali air. Ketika berada di dalam freezer, suhu air berkurang. Pada saat suhu air berkurang, volume air juga berkurang (air menyusut). Ketika mencapai suhu 4 deg.C air mulai memuai (volume air bertambah). Pemuaian air terhenti ketika suhunya mencapai 0 deg.C. Berbeda dengan benda lain yang terus menyusut (volume benda berkurang)  ketika suhu benda tersebut berkurang hingga 0 deg.C. aneh bukan? *namanya juga anomali air hehe..

Ketika benda menyusut (volume benda berkurang), massa jenis atau kerapatan benda bertambah. Sebaliknya, ketika benda memuai (volume benda bertambah), massa jenis atau kerapatan benda berkurang. Rumus massa jenis = massa / volume. Massa benda selalu tetap. Sedangkan volumenya bisa berubah-ubah, tergantung dari suhu. Air menyusut (volume air berkurang)  hanya sampai pada suhu 4 deg.C karenanya air memiliki massa jenis paling besar pada suhu 4 deg.C. Coba perhati gambar dibawah. Jelas bukan massa jenis air berada pada titik maksimum pada suhu 4 deg.C?

18.jpeg

naaah,, jadi sekarang sudah tidak aneh lagi yah kalo membuat es batu 😀

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.