Posted on Leave a comment

Soal UAS Kimia Logam Transisi dan Koordinasi 2011

Soal 1.

a. sebukan tiga pendekatan Teori ikatan yang dapat menjelaskan sifat utama khas suatu kompleks logam transisi !

b. Dalam ketiga teori tersebut terdapat dua aspek utama yang harus diperhatikan untuk dapat menjelaskan sifat kompleks, sebutkan !

c. Secara singkat, jelaskan aspek utama dari setiap pendekatan tersebut

d. Dalam diagram orbital Molekul (Mo) dan kompleks ML6, logam transisi selalu membawa 9 orbital kedalam diagram MO Sebutkan orbital orbital tersebut.

Soal 2.

a. Berikan sketsa diagram splitting kompleks Low-spin LS dan High-Spin HS kompleks oktahedral d6 dan letakkan elektron didalamnya

b. Hitunglah masing masing nilai LFSE. Apa yang menentukan bagaimana distnbusi dan satu konfigurasi (LS) ke konfigurasi konfigurasi lainnya (HS)

c. Tentukan moment magnetik masing masing kompleks tersebut

d. Geometri ion kompleks [Mn(CN)6]-4 dan [Mn(CN)6]-2 adalah octahedral. tetapi mempunyai sifat magnit yang berbeda, jelaskan mengapa.

Soal 3

a. Telah diketahui bahwa sebagian besar kompleks logam transisi Tetrahedral ML4 adalah kompleks spin tinggi (High-Spin. HS)? Jelaskan mengapa demikian

b. Anda mempunyai ion kompeks complex [FeCl6]-2 , [CoCl4]-2, dan [CuCl4]-2

i. Tentukan moment magnetik masing masing kompleks tetrahedral tersebut

ii. Diantara ketiga kompleks tersebut, tentukan manakah yang mengalami distorsi Jahn-Teller. Jelaskan alasannya, mengapa teradi distorsi.

c. Diketahui bahwa larutan ion [CoCl4]-2 berwarna biru dan mengabsorbsi pada panjang gelombang 450 nm. Tentukanlah berapa besarnya nilai splitting energi Δt

Soal 4
a. Anda mempunyai larutan kompleks ion Ti(III) berkut ini yaitu, [Ti(H2O)6]3+ , [Ti(en)3]3+, [TiCl6]3+ . Diantara ketiga ion kompleks tersebut, manakah yang menunjukkan absorbsi dengan panjang (λ) paling pendek dalam spektrum sinar tampak :  [Ti(H2O)6]3+ , [Ti(en)3]3+, [TiCl6]3+ ? Jelaskan berdasarkan teori medan kristal-ligand dan susunlah urutan panjang gelombang (λ) absorbsinya.

b. spektrum absorbsi dari [Ti(NCS)6]3- menunjukkan pita intermediate yang terletak dalam daerah panjang gelombang (λ) antara meir dan [Ti(Cl)6]3- dan [TiF6]3-. Bagaimana kesimpulan anda mengenai posisi penempatan NCS- dalam deret spektrokimia? Berikan penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.