Posted on 1 Comment

Cara Kerja Penghapus

Juru tulis Romawi menulis pada papirus (sejenis tanaman air yang dikenal sebagai bahan untuk membuat kertas pada zaman kuno) dengan batang tipis yang terbuat dari timah, yang disebut stylus. Timbal adalah logam lunak, sehingga stylus meninggalkan cahaya, dan membuat tanda terbaca. Tahun 1564 sejumlah besar grafit(karbon) ditemukan di Inggris. Grafit meninggalkan tanda yang lebih gelap gelap dari pada timbal, ditambah itu tidak beracun. Pensil mulai digunakan, mirip dengan stylus, kecuali dengan pembungkus untuk menjaga tangan pengguna bersih. Ketika kita menghapus tanda pensil, yang kita hapus adalah grafit (karbon), bukan timah.

 

Penghapus
Penghapus. Sumber Gambar : Wikipedia.

 

Apa Itu Penghapus?

Penghapus, disebut karet di beberapa tempat, adalah item yang digunakan untuk menghapus tanda yang ditinggalkan oleh pensil dan beberapa jenis pena. Penghapus modern datang dalam semua warna, dan dapat terbuat dari karet, vinyl, plastik, karet, atau bahan serupa.

 

Sejarah Penghapus

Sebelum penghapus ditemukan, kita bisa menggunakan sepotong roti putih yang digulung untuk menghapus tanda pensil (beberapa seniman masih menggunakan roti untuk mencerahkan arang atau pastel).

Edward Naime, insinyur Inggris, menemukan penghapus (1770). Cerita berlanjut bahwa dia mengambil sepotong karet daripada gumpalan roti dan menemukan sifat-sifatnya. Naime mulai menjual penghapus karet, aplikasi pemakaiannya dengan menggosok-gosok, membuatnya diberi nama dengan ‘Eraser’ (penghapus).

Karet, seperti roti, itu mudah rusak dan akan menjadi buruk dari waktu ke waktu. Penemuan Charles Goodyear dari proses vulkanisasi (1839) memperluas penggunaan karet. Penghapus pun menjadi hal yang biasa.

Pada tahun 1858, Hymen Lipman menerima hak paten untuk memasang penghapus ke ujung pensil, meskipun hak paten itu kemudian dibatalkan karena menggabungkan dua produk dan bukan menciptakan yang baru.

 

Cara Kerja Penghapus

Penghapus mengambil partikel grafit, sehingga menghilangkan mereka dari permukaan kertas. Pada dasarnya, molekul dalam penghapus yang ‘lengket’ dibandingkan kertas, jadi ketika penghapus digosok ke tanda pensil, grafit menempel ke penghapus daripada kertas. Beberapa penghapus merusak lapisan atas kertas. Penghapus yang melekat pada pensil menyerap partikel grafit dan meninggalkan residu yang perlu dihapus. Jenis penghapus ini dapat menghapus permukaan kertas. Penghapus vinyl lembut lebih lembut daripada penghapus yang melekat pada pensil, tetapi sebaliknya mirip.

Penghapus karet seni terbuat dari karet yang lembut dan kesat dan digunakan untuk menghapus area besar tanda pensil tanpa merusak kertas. Penghapus ini meninggalkan banyak residu di belakang.

Penghapus remas (kneaded eraser) menyerupai dempul. Ini adalah penghapus lentur yang menyerap grafit dan arang. Penghapus remas dapat menempel pada kertas jika mereka terlalu hangat. Mereka mampu menarik cukup banyak grafit atau arang dan mereka meninggalkan bekas.

Sumber :
– chemistry.about.org
– wikipedia.com

1 thought on “Cara Kerja Penghapus

  1. […] Bisakimia.com diakses pada 2 Juli 2021.[2] Scienceabc.com diakses pada 2 Juli […]

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.