Posted on 1 Comment

Demonstrasi Kimia: Es yang dapat terbakar, kok bisa? Check it out!

es terbakarAnda dapat membuat es terbakar dengan cara baik itu ketika Anda membekukan cairan yang mudah terbakar atau dengan menuangkan cairan yang mudah terbakar di atas es atau sebuah pengganti es, sehingga membuatnya tampak menyala.

Namun, kali ini kita akan melakukannya dengan cara yang berbeda, simak ulasan berikut ini.

Dengan menggunakan es yang dibuat dari air yang sebenarnya dan menggunakan reaksi kimia sederhana. Demonstrasi kimia ini mudah dan pasti menyenangkan!

Bahan-bahan

  • Chips atau butiran-butiran dari kalsium karbida
  • Es
  • beaker ukuran 2 liter

Membuat es terbakar

  1. Tuang sekitar satu sendok teh kalsium karbida di dasar beaker.
  2. Isi penuh beaker tersebut dengan es.
  3. Gunakan sebuah handheld lighter yang panjang untuk menyalakan es.

Sebagai alternatif, Anda dapat secara diam-diam memasukkan sedikit kalsium karbida dalam mangkuk besar, isi penuh dengan es, dan lemparkan korek api yang sedang menyala ke dalam mangkuk tersebut.

es terbakar

Cara bekerja

Karena es tersebut mencair, maka air bereaksi dengan kalsium karbida untuk menghasilkan gas asetilena, yang mudah terbakar, dan kalsium hidroksida. Reaksi dari proses ini menurut persamaan kimia adalah sebagai berikut:

CaC2(s) + 2 H2O(l) → C2H2(g) + Ca(OH)2(s)

Asetilena menghasilkan semburan api saat dinyalakan. Akan ada lebih banyak asetilena yang diproduksi dari es yang mencair dan kemudian bereaksi dengan kalsium karbida yang tersisa.

Untuk keselamatan

  • Jangan tambahkan es atau mengekspos kalsium karbida tersebut dengan air/kelembapan sampai Anda siap melakukan demostrasi. Anda tidak perlu memproduksi asetilena terlebih dahulu.
  • Ini adalah api – demonstrasi ini sebaiknya hanya dilakukan oleh orang dewasa.
  • Dianjurkan untuk menempatkan sebuah perisai ledakan plexiglass di antara kontainer dan penonton, untuk berjaga-jaga jika api mengembang ke luar terlalu banyak. Hal seperti ini tidak diharapkan untuk terjadi, namun ini tindakan pencegahan yang wajar untuk keselamatan.
  • Seperti biasa, ada baiknya untuk memakai kecamata pengaman, sarung tangan dan pakaian pelindung, di luar itu semua Anda akan terlihat keren pada saat demonstrasi. B-)
  • Lakukan demostrasi ini jauh dari sumber api atau dari bahan yang mudah terbakar.

Read More

1 thought on “Demonstrasi Kimia: Es yang dapat terbakar, kok bisa? Check it out!

  1. Disini poker88asia kamu bisa menang dengan mudah!!!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.