Posted on 11 Comments

Apa itu Reverse Osmosis ?

Akhir akhir ini kita sering mendengar istilah reverse osmosis tau disingkat RO. dan biasanya kita mendengar istilah itu di  air siap minum atau pemurnian air. Sebenarnya apa reserve osmosis itu tapi bagaimana cara kerjanya? Seperti biasa sebelum kita memahami suatu hal, kita harus mempelajari dasarnya dahulu. Untuk pengertian Osmosis sebaiknya lihat dulu artikel berikut ini.

Reverse Osmosis merupakan kebalikannya dari osmosis. Jika osmosis ialah perpindahan molekul pelarut dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi. Maka reverse osmosis ialah perpindahan molekul pelarut dari konsentrasi tinggi ke rendah.

Ingat! Berbeda dengan difusi, karena osmosis ialah perpindahan pelarut, sedangkan difusi ialah perpindahan zatnya terlarutnya. 

Seperti terlihat pada gambar di bawah, Reverse Osmosis pada suatu sistem yang di batasi oleh membran semi permeable dan terdapat dua larutan dengan kandungan zat terlarut yang berbeda. Pada reverse Osmosis. Air/Pelarut akan bergerak ke arah air yang konsentrasi pelarutnya lebih rendah.

reverse osmosis

 

Aplikasi Reverse Osmosis pada Pemurnian Air Minum

Teknologi Reverse Osmosis ini sangat baik digunakan untuk pemurnian air dari air ledeng menjadi air siap minum. Karena dapat membuat air ledeng yang banyak kandungan zat terlarutnya menjadi air murni atau Hampir tak ada zat terlarutnya. Dibawah ini terdapat gambar bagan kerja rangkaian mesin Reverse Osmosis untuk pemurnian air minum.

mesin osmosis
sumber : brentpoynter.deviantart.com

Pada gambar diatas terlihat air dari kotor hingga siap minum. dengan langkah langkah sebagai berikut:

  1. Pertama tama air masuk (contaminatedd feed water)
  2. Lalu di saring dengan carbon filter. Oleh karena itu carbon filter ini harus di ganti secara berkala
  3. Setelah inilah Air akan melalui Membran Reverse Osmosis. Air yang kotor(banyak zat terlarut) dibuang, sedangkan air yang sudah bersih lanjut dialirkan
  4. Air bersih sudah siap diminum dan di simpan dalam tangki penyimpanan untuk di pakai jika perlu

Ada beberapa Cara Untuk Membuktikan keampuhan alat RO ini. diantaranya TDS Meter dan Water Electroyzer. Untuk melihat bukti buktinya silahkan lihat artikelnya.

 

11 thoughts on “Apa itu Reverse Osmosis ?

  1. […] Zaman sekarang ini teknologi pemurnian air sudah semakin berkembang dan praktis. Sekarang kita sudah bisa membeli mesin penjernih air dengan harga murah yang di pakai secara rumahan. Sehingga kita bisa meminum air keran / air ledeng secara langsung tanpa memasak. Tanpa kalah dari air masak, bahan lebih baik dari air masak. Karena penjernihan ini tidak membuat air berbai dan ttidak merepotkan pengguna. Salah satu teknologi penjernihan air yang banyak dipakai ialah Reverse Osmosis (RO) . Mengenai RO sudah dijelaskan pada artikel berikut […]

  2. Assalamualaikum saya ingin bertanya
    apakah kunci perbedaan difusi dan osmosis itu seperti yang tertuliskan di blog anda, bahwa osmosis ialah perpindahan pelarut, sedangkan difusi ialah perpindahan zatnya terlarutnya. ??? Terima kasih

    1. Wa’alaykumussalam
      hai wahyu, ada 2 kunci perbedaan antara osmosis dengan difusi. yang perlu di perhatikan itu ialah Pelarut dan zat terlarut. kemudian masalah perpindahan konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah atau sebaliknya.
      Contoh difusi ialah seperti parfum yang di semprotkan dalam ruangan. Konsentrasi parfum sebagai terlarut. akan menyebar luas ke ruangan.
      sedangkan untuk osmosis contohnya terjadi pada sel makhluk hidup

      1. Emang kalo sudah murni airnyA knp trus? ApA lebih baik dari air mineral ? Kalau memang lebih bAik, Air yg ada di toko kimia itu kok ga baik di minum (H2O) tanpa campuran zat lain . Dan harganya juga ga mahal.

        1. Bisa diminum. Beli aja aquades atau aquabides. Sangat boleh diminum.

          Untuk mana yang lebih baik mengenai air mineral atau air murni. Para ilmuwan sendiri berselisih masalah tersebut. Ada yang memilih air murni karena menurutnya mineral dalam air minum itu tidak bisa diserap dan hanya mmperberat organ.
          Sedangkan yg lain mengatakan air mineral lebih baik karena mineral dapat diserap tubuh.

        2. Dan sekarang air murni yang di jual di kemasan juga ada merknya Amidis

  3. […] Gambar Terakhir ialah Gambar TDS Meter di dalam Air RO (yang belum tau, silahkan baca ini) […]

  4. Terimakasih,, Web nya sangat informatif.
    Salam sukses.

  5. […] Magnesium Sulfat terdiri dari Magnesium dan sulfat . Keduanya ialah zat yang mudah diserap melalui kulit dan masuk ke aliran darah tubuh. Kulit memiliki permukaan berpori-pori yang membutuhkan mineral dan juga bisa menghilangkan racun setiap hari. Dengan garam inggris, maka akan terjadi proses Reverse osmosis sehingga racun akan keluar dari dalam kulit. Untuk penjelasan reverse osmosis bisa dilhat disini […]

  6. saya ingin bertanya apakah Alkaline Water dengan Reverse Osmosis itu sama? ataukah Reverse Osmosis itu salah satu cara untuk memurnikan air yang terdapata pada proses elektrolisis air menjadi Air alkali?

    1. Beda, cuma saya kurang tau proses nya itu bagaimana air alkali.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.