Posted on 1 Comment

Hal-Hal Yang Menyebabkan Bibir Pecah-Pecah

Hal-Hal Yang Menyebabkan Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah pecah
Bibir Perempuan.
Sumber : Wikipedia

Kalian pernah mengalami bibir pecah-pecah? Sungguh menyiksa sekali kan? Mau makan susah. Mau bicara kadang juga susah.

Nah, kali ini saya telah merangkum berbagai penyebab bibir pecah-pecah. Siapa tahu dengan membacanya, paling tidak kalian bisa lebih berhati-hati dan bisa menghindari bibir pecah-pecah.

1.      Dehidrasi/Tubuh Kekurangan Air

Bagi yang kurang minum air mungkin harus lebih waspada karena mudah sekali mengalami bibir pecah-pecah.

2.      Pasta Gigi

Nah, perlu kalian ketahui bahwa kandungan Sodium Lauryl Sulfate dan Gualazulane dalam pasta gigi dapat membuat bibir pecah-pecah. Makanya lebih baik memilih pasta gigi yang bebas dari Sodium Lauryl Sulfate dan Gualazulane.

3.      Permen

Lebih baik agar makan permen tidak terlalu berlebihan. Karena permen menyebabkan bibir kering sehingga mudah pecah-pecah.

4.      Buah Jeruk(Citrus)

Ternyata buah jeruk (citrus) memiliki efek yang agak sama dengan permen. Asam di beberapa jenis jeruk dapat membuat bibir menjadi sensitif dan mudah pecah-pecah.

5.      Lipstik

Nah, hati-hati juga untuk kaum wanita dalam memilih lipstik. Sebaiknya hindari memakai lipstik yang mengandung Phenyl Salicylate (salol).

6.      Terlalu Banyak Mengkonsumsi Vitamin A

Vitamin memang baik untuk tubuh terutama untuk mata. Tapi juga harus dibatasi jumlah konsumsinya sebab jika berlebihan juga dapat menyebabkan gejala bibir pecah-pecah.

7.      Obat-Obatan

Beberapa obat yang mengandung Accurane, Propanolol, Prochlor Perazine, Antinomyan, dan Phenothiazine memiliki efek samping membuat bibir menjadi pecah-pecah.

8.      Terlalu Sering Menjilat Bibir

Mungkin kalian mengira menjilat bibir yang kering secara sering dapat melembabkan bibir, padahal kenyataannya kandungan enzim tertentu pada air liur dapat menyebabkan bibir menjadi iritasi dan cepat kering dan pecah-pecah.

9.      Terlalu Sering Bernapas Melalui Mulut

Untuk yang sering melakukannya terutama yang tidurnya suka ngorok, bibir kalian akan lebih mudah kering dan pecah-pecah karena hembusan nafas tadi membuat kelembapan bibir akan cepat hilang.

10.  Penyakit

Selain demam, penyakit yang bisa membuat bibir kita lebih mudah pecah-pecah adalah penyakit tiroid (gondok), penyakit psoriasis (semacam penyakit kulit) dan Parleche (penyakit infeksi jamur di sekitar mulut).

11.  Cuaca

Cuaca yang paling berpotensi membuat bibir kita kering adalah cuaca yang panas/kering dan cuaca yang dingin.

12.  Kurang Konsumsi Buah dan Sayur (Vitamin C)

Kalau ingin menghindari bibir pecah-pecah yang menyiksa, disarankan mengkonsumsi buah dan sayur atau suplemen yang mengandung vitamin c.

Sumber :        

  • Repulika
  • Wikipedia

1 thought on “Hal-Hal Yang Menyebabkan Bibir Pecah-Pecah

  1. Terimakasih informasi dan tipsnya, mungkin setelah mengetahui info ini bisa jd referenai penyebab bibir jd pecah2.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.