Posted on 9 Comments

Penggunaan Polyaluminium Chloride

Saat ini, banyak kita temukan produk-produk untuk menjernihkan air. Ada beberapa bahan kimia yang bisa digunakan untuk melakukan proses penjernihan air. Artikel ini akan mencoba untuk menjabarkan bagaimana proses penjernihan air dengan menggunakan Polyaluminium Chloride.

Berkenalan Dengan Polyaluminium Chloride (PAC)

Aln(OH)mCl3n-m merupakan rumus kimia untuk Polyaluminium Chloride (PAC). Merupakan salah satu Koagulan – zat kimia yang menyebabkan destabilisasi muatan negatif partikel di dalam suspensi – yang bisa membantu untuk menjernihkan air, seperti air sumur yang keruh. Terdapat beberapa cara yang telah diketahui dan dipatenkan untuk membuat PAC yang dapat dibuat dengan menggunakan hidrolisa parsial dari aluminium klorida, seperti ditunjukkan reaksi berikut : n AlCl3 + m OH. m Na+ → Al n (OH) m Cl 3n-m + m Na+ + m Cl

PAC adalah suatu persenyawaan anorganik komplek, ion hidroksil serta ion alumunium bertarap klorinasi yang berlainan sebagai pembentuk polynuclear mempunyai rumus umum Alm(OH)nCl(3m-n).

Keunggulan PAC

polyaluminium chlorideJika kita membandingkan PAC dengan Koagulan yang lainnya, maka kita dapat melihat beberapa keunggulan dari PAC, seperti :

  • Pada kondisi air yang umum, PAC tidak membutuhkan koreksi PH. Sebab PAC memiliki atau dapat bekerja pada tingkat PH yang lebih luas.
  • Tedak seperti yang terjadi dengan Koagulan yang lain seperti alumunium sulfat, besi klorida dan fero sulfat. PAC tidak menjadi keruh apabila digunakan secara berlebihan. Ini berarti pengguna PAC dapat melakukan penghematan penggunaan bahan kimia.
  • Terdapatnya kandungan polimer khusus pada PAC, juga dapat membantu mengurangi pemakaian bahan kimia pembantu lainnya.  Tentu saja hal ini memberikan penghematan.
  • Untuk air yang di konsumsi, tentu saja dibutuhkan bahan untuk menetralisir kandungan kimia. Namun dengan penggunaan PAC ini hal tersebut dapat diminimalisasi. Sebab, kandungan basa yang cukup akan menambah gugus hidroksil dalam air sehingga penurunan pH tidak terlalu ekstrim.
  • Dalam hal pembentukan flok. Polyaluminium chloride memiliki waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan koagulan lainnya. Hal ini disebabkan gugus aktif aluminat yang bekerja efektif dalam mengikat koloid yang ikatan ini diperkuat dengan rantai polimer dari gugus polielektrolite sehingga gumpalan floknya menjadi lebih padat, penambahan gugus hidroksil kedalam rantai koloid yang hidrofobik akan menambah berat molekul, dengan demikian walaupun ukuran kolam pengendapan lebih kecil atau terjadi over-load  bagi instalasi yang ada, kapasitas produksi relatif tidak terpengaruh.

Beberapa Koagulan Lainnya

Berikut ini merupakan tabel koagulan lainnya, yang sudah sering kita temui dalam penjernihan air:

NAMA

FORMULA

BENTUK

REAKSI DENGAN AIR

pH OPTIMUM

Aluminium sulfat,

Alum sulfat, Alum, Salum

Al2(SO4)3.xH2O

x = 14,16,18

Bongkah, bubuk

Asam

6,0 – 7,8

Sodium aluminat

NaAlO2 atau

Na2Al2O4

Bubuk

Basa

6,0 – 7,8

Polyaluminium

Chloride, PAC

Aln(OH)mCl3n-m

Cairan, bubuk

Asam

6,0 – 7,8

Ferri sulfat

Fe2(SO4)3.9H2O

Kristal halus

Asam

4 – 9

Ferri klorida

FeCl3.6H2O

Bongkah, cairan

Asam

4 – 9

Ferro sulfat

FeSO4.7H2O

Kristal halus

Asam

> 8,5

Demikian perkenalan singkat kita dengan Polyaluminium Chloride. Semoga meningkatkan wawasan kita mengenai bahan penjernih air.

Sumber. http://smk3ae.wordpress.com/2008/08/05/bahan-kimia-penjernih-air-koagulan/

9 thoughts on “Penggunaan Polyaluminium Chloride

  1. Terima kasih atas informasinya
    tapi saya mau tanya,dari bahan PAC serbuk akan diaduk dengan air supaya lebih mudah pada proses pencampurannya dengan air baku, berapakah perbandingan
    komposisinya antara air dengan pac tersebut ?

  2. Mohon maaf karena saya bukan penulisnya. saya juga kurang paham dan belum mendalami tentang PAC. Tapi bisa di coba dengan penyesuaian pH pak. Mungkin dengan penambahan sedikit asam atau basa

  3. […] partikel koloid sehingga dapat terbentuk flok-flok halus. Koagulan yang umum digunakan adalah polialuminium klorida (PAC). Kelebihan dosis dalam menggunakan koagulan kimia terutama yang berbahan dasar aluminium, dapat […]

  4. Ada ya tempat pelatihan cara membuat PAC..info dong..maksh

  5. Hi Dear,

    Greeting.

    Menjie Chemical is the main Polyaluminium chloride manufacturer in China since 1993.

    Re:PAC(PolyAluminium Chloride)-Water Treatment Chemical
    Industrial Grade
    Drinking Grade
    Pure:28%-31%
    Color:Yellow Powder
    Certification : SGS/ ISO

    Perhaps you have stable supplier, but we want to be your second-choice,
    please give us a opportunity .

    Best Regards.
    Ms.Nina

    WEIFANG MENJIE CHEMICAL CO.,LTD
    ADD:Bin hai,Lin Guang, ETDZ,Weifang 262737 ShandongChina

    Phone: +8613022786025
    Skype : lee.nina7
    Email:Sales2@menjiechem.com
    Website:http://www.menjiechem.com/

  6. […] bisakimia juga sudah membuat artikel tentang PAC ( lihat disini ) , Aln(OH)mCl3n-m merupakan rumus kimia untuk Polyaluminium Chloride (PAC). Merupakan salah satu […]

  7. bismillah…mohon info afakah pac bisa di campur duluan dengan air dan disimpan utk pemakaian bulan depan?

    1. jangan, sebaiknya di simpan dalam keadaan kering dlu

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.