Posted on 2 Comments

Alasan Mengapa Yoghurt merupakan Minuman Sehat

Yoghurt and raspberries
Yoghurt and raspberries (Photo credit: Wikipedia)

Berikut ialah 10 alasan mengapa yoghurt sangat pantas di sebut sebagai minuman yang menyehatkan.

1 . Yogurt lebih mudah dicerna daripada susu .

Banyak orang yang tidak dapat meminum susu, baik karena protein alergi atau intoleransi laktosa , namun dapat menikmati yoghurt . Proses kultur membuat yoghurt lebih mudah dicerna daripada susu . Para biakan aktif menciptakan laktase , enzim laktosa (kurang dimikili orang intoleran), dan enzim lain yang terkandung dalam yogurt ( beta – galaktosidase ) juga membantu meningkatkan penyerapan laktosa pada orang yang kekurangan laktase . Enzim bakteri yang diciptakan oleh proses kultur , sebagian mencerna protein kasein susu , sehingga lebih mudah untuk menyerap . Dalam praktik pediatrik , kami telah mengamati bahwa anak-anak yang tidak dapat mentoleransi susu sering dapat makan yoghurt tanpa masalah usus . Sementara jumlah yang bervariasi antara merek yogurt , secara umum , yogurt memiliki lebih sedikit laktosa daripada susu . Proses kultur sudah mengurai gula laktosa susu menjadi glukosa dan galaktosa , dua gula yang mudah diserap oleh orang dengan laktosa intoleran .

2 . Yogurt memberikan kontribusi untuk kesehatan usus besar .

Ada pepatah medis yang menyatakan : ” Kau hanya sehat seperti ususmu . ” Ketika makan yogurt , Anda berarti peduli pada usus Anda dalam dua cara . Pertama , yoghurt mengandung lactobacteria ,bakteri baik yang membuat usus besar menjadi sehat , dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar . Lactobacteria , terutama acidophilus , mendorong pertumbuhan bakteri sehat dalam usus dan mengurangi konversi empedu menjadi asam empedu karsinogenik . Semakin banyak bakteri ini usus -friendly yang hadir dalam usus Anda , semakin rendah kemungkinan penyakit usus . Pada dasarnya, bakteri bersahabat dalam yoghurt tampaknya menonaktifkan zat berbahaya (seperti nitrat dan nitrit sebelum mereka akan dikonversi ke nitrosamin ) sebelum mereka dapat menjadi karsinogenik .

Kedua , yoghurt merupakan sumber yang kaya kalsium – mineral yang memberikan kontribusi untuk kesehatan usus dan mengurangi risiko kanker usus besar . Kalsium menghambat pertumbuhan berlebih dari sel-sel lapisan usus , yang dapat menempatkan seseorang pada risiko tinggi untuk kanker usus besar . Kalsium juga mengikat produksi zat yang membuat iritasi dinding usus besar . Orang-orang yang memiliki asupan tinggi kalsium ( misalnya negara-negara Skandinavia ) memiliki tingkat kanker kolrektal yang lebih rendah . Satu studi menunjukkan bahwa asupan rata-rata 1.200 miligram kalsium per hari dikaitkan dengan penurunan 75 persen dari kanker kolorektal .

 

3 . Yogurt meningkatkan bioavailabilitas nutrisi lainnya .

Kultur yoghurt meningkatkan penyerapan kalsium dan vitamin B – . Asam laktat dalam yoghurt membantu dalam pencernaan kalsium susu , sehingga lebih mudah untuk menyerap .

 

4 . Yogurt dapat meningkatkan kekebalan tubuh .

Para peneliti yang mempelajari 68 orang yang makan dua cangkir yogurt – budaya setiap hari selama tiga bulan menemukan bahwa orang-orang ini menghasilkan tingkat yang lebih tinggi dalam kekebalan interferon . Kultur bakteri dalam yogurt juga telah menunjukkan dapat merangsang melawan infeksi sel darah putih dalam aliran darah . Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa yoghurt mengandung faktor yang memiliki efek anti – tumor pada hewan percobaan .

5 . Yogurt membantu penyembuhan setelah infeksi usus .

Beberapa gangguan pencernaan seperti virus dan alergi dapat melukai lapisan usus , terutama sel-sel yang memproduksi laktase . Hal ini menyebabkan masalah penyerapan laktosa . Inilah sebabnya mengapa anak-anak sering tidak bisa mentolerir susu untuk satu atau dua bulan setelah infeksi usus . Yogurt,  karena mengandung lebih sedikit laktosa dan lebih banyak laktase , biasanya ditoleransi dengan baik pada saat penyembuhan usus dan merupakan “makanan penyembuh ” untuk diare . Banyak dokter anak merekomendasikan yoghurt untuk anak-anak yang menderita berbagai bentuk gangguan pencernaan . Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak lebih cepat pulih dari diare ketika makan yogurt . baik untuk makan yoghurt saat mengkonsumsi antibiotik . Yoghurt akan meminimalkan efek dari antibiotik pada bakteri bersahabat dalam usus .

6 . Yogurt dapat menurunkan infeksi jamur .

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan delapan ons yoghurt yang mengandung kultur hidup dan aktif setiap hari mengurangi jumlah koloni ragi dalam vagina dan mengurangi  infeksi jamur vagina .

7 . Yogurt merupakan sumber yang kaya kalsium .

Sebuah porsi 8 ons yogurt yang  menyediakan 450 mg . kalsium , satu-setengah dari RDA anak dan 30 sampai 40 persen dari RDA dewasa untuk kalsium . Karena kultur hidup – aktif dalam yoghurt meningkatkan penyerapan kalsium , dengan porsi 8 ons yogurt mendapatkan lebih banyak kalsium ke dalam tubuh daripada volume yang sama dari susu kaleng .

8 . Yogurt merupakan sumber protein yang sangat baik .

Yogurt plain mengandung sekitar 10-14 gram protein per delapan ons , yang berjumlah dua puluh persen dari kebutuhan protein harian bagi kebanyakan orang . Bahkan , delapan ons yoghurt yang mengandung kultur hidup dan aktif , mengandung 20 persen lebih banyak protein dari volume yang sama dari susu ( 10 gram dibandingkan dengan 8 gram ) . Selain menjadi sumber yang kaya protein , pemeliharaan dan perkembangan protein susu selama fermentasi membuat protein ini mudah dicerna .

9 . Yogurt dapat menurunkan kolesterol .

Ada beberapa studi yang telah menunjukkan bahwa yogurt dapat mengurangi kolesterol darah . Ini mungkin karena budaya hidup dalam yogurt dapat mengasimilasi kolesterol atau karena yoghurt mengikat asam empedu , (yang juga telah ditunjukkan untuk menurunkan kolesterol ) , atau keduanya .

 

2 thoughts on “Alasan Mengapa Yoghurt merupakan Minuman Sehat

  1. […] tahu/tempe, kacang-kacangan, keju, atau cokelat. Penuhi kebutuhan mineral dengan mengkonsumsi susu, yogurt, air mineral atau […]

  2. […] Anda dapat membuat yogurt dari semua jenis susu. Meskipun kebanyakan yogurt terbuat dari susu sapi (misalnya, sapi, domba, kambing), namun proses fermentasi juga bekerja pada “susu” dari jenis lain, selama mereka mengandung gula yang digunakan oleh bakteri untuk memfermentasi dan protein yang dapat digumpalkan. Yogurt dapat dibuat dari susu kedelai, santan dan susu almond. berbagai manfaat yourt bisa lihat disini […]

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.