Posted on 2 Comments

Mengapa Lampu Perlu Dimatikan Saat Tidur?

Old lamp
Old lamp (Photo credit: Wikipedia)

Hampir kebanyakan orang tidak begitu peduli mengenai pencahayaan lampu ketika tidur. Banyak pula yang masih bertanya – tanya, sebaiknya lampu dimatikan atau tidak ketika tidur? Ada yang bilang lampu dimatikan akan membuat kita tidur dengan nyaman, namun bukan alasan yang logis yang membuat kita yakin untuk mematikan lampu saat tidur.
Akan tetapi, tahukah anda pencahayaan lampu ketika tidur sangat berpengaruh kepada kesehatan seseorang! Benarkah? Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang melibatkan peneliti Spanyol dan Amerika Serikat telah menemukan melatonin, yaitu hormon alami yang berkaitan dengan tidur dapat membantu mengontrol berat badan. Artinya, tingkat melatonin yang umumnya meningkat dalam gelap di malam hari, muncul untuk melawan obesitas dengan merangsang produksi“lemak beige”.
“Lemak beige” merupakan sejenis sel lemak tetapi bukan“lemak putih”, dan cenderung membakar kalori daripada menyimpannya. Akibatnya,“lemak baik”akan membantu mengatur berat badan dan metabolisme,”kata peneliti, dikutip News maxhealth.
Untuk diketahui, “lemak beige” secara alami dapat diproduksi oleh tubuh. Namun, jenis lemak ini juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis buah-buahan dan sayuran seperti sawi, almond, biji bunga matahari, ketumbar, dan ceri.
Sementara, hasil penelitian yang dilakukanUniversity Granada Institute for Neuroscience, the Hospital Carlos III Madrid,danthe University of Texas Health Science Center, San Antonio ini masih berdasarkan uji coba pada tikus laboratorium. Para peneliti mengatakan, temuan mereka mungkin dapat menjelaskan mengapa melatonin telah terbukti memiliki manfaat metabolic dalam mengobati diabetes dan hiperlipidemia.
“Kesimpulannya, tidur dalam gelap dan menkonsumsi makanan yang mengandung melatonin dapat membantu mengontrol berat badan, dan mencegah penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan obesitas serta diabetes,”jelas peneliti.

Sumber : http://m.okezone.com/

2 thoughts on “Mengapa Lampu Perlu Dimatikan Saat Tidur?

  1. This is very interesting, You’re a very skilled blogger.
    I’ve joined your rss feed and look forward to seeking more of your magnificent post.

    Also, I’ve shared your site in my social networks!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.