Posted on Leave a comment

Cara Mudah Menghapal Tabel Periodik

OOMD periodic Table
OOMD periodic Table (Photo credit: Wikipedia)

Tabel periodik merupakan salah satu bawaan wajib saat sedang belajar kimia baik untuk siswa maupun mahasiswa karena berisi data unsur unsur kimia dengan nomor atom dan nomor massa yang kita butuhkan dalam perhitungan. Namun terkadang kita lupa untuk membawanya dan hal itu cukup menyusahkan. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu caranya ialah dengan menghapal tabel periodik. wah, bukankah sangat sulit untuk mengetahui unsur dan data data dari tiap unsur? Tenang saja, tidak ada yang sulit jika kita mau berusaha ditambah dengan beberapa trik penghapal. tentu saja ini hanya berlaku untuk menghapal urutan atom, golongan dan periode. Disini mungkin sudah ada yang familiar dengan cara mudah menghapal tabel periodik .

Kuncinya ialah Otak kanan yaitu cerita. disini harus gunakan otak kanan kita untuk berkhayal, tak hanya menghapal dengan otak kiri. Begini contohnya. Coba anda hapalkan kata kata berikut dalam waktu 30 detik : rumah hutan singa nasi hama hujan kapal es plastik sampah asap

Sudah hapal? kalau bisa, berarti ingatan anda cukup baik, yang tidak? jangan khawatir. karena memang tidak efektif untuk menghapal tanpa bantuan otak kanan. Coba kita buat cerita seperti ini : Ada Rumah di hutan , disana ada singa sedang makan nasi  yang diambil dari sawah yang sedang diserbu hama, untung hama diusir hujan dan banjir jadi ada kapal sebesar titanic yang nabrak es yang banyak plastiknya, harusnya sampah dibakar tapi jadi banyak asap.

cukup panjang y ceritanya? namun saya yakin itu lebih efektif daripada menghapal cara biasa. Jangan lupa saat menghapal. bayangkan secara visual cerita tersebut. atau buatlah cerita versi anda sendiri. maka anda lebih mudah menghapalnya.

Berikut beberapa hapalan dari tabel periodik golongan A yang sudah umum dikenal:
(bersambung dihalaman 2)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.