Posted on 1 Comment

Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

Atom merupakan materi paling kecil dari suatu benda yang tidak dapat dibagi maupun dipisah dengankonfigurasi elektron reaksi apapun. Partikel penyusunnya adalah proton, elektron dan neutron.Proton dan neutron berada di dalam inti atom sedangkan elektron berada di dalam ruang seputar inti. Proton memiliki muatan positif, sedangkan elektron bermuatan negatif di mana neutron memiliki muatan netral atau tidak bermuatan. Setelah mengetahui apa itu atom maka kini kita juga harus mengetahui apa itu sistem periodik unsur. Sistem periodik unsur merupakan upaya pengelompokan unsur-unsur berdasarkan kemiripan sifatnya. Keperiodikan sifat unsur-unsur meliputi  perubahan secara periodik jari-jari atom, afinitas elektron, energi ionisasi dan keelektronegatifan unsur-unsur tersebut.

Hubungan antara sistem periodik dan sifat atom dari unsur-unsur tersebut ialah sistem periodik unsur mengacu pada pembahasan sifat-sifat atom dimana unsur yang sifatnya sama itu terletak pada golongan yang sama dalam sistem periodik unsur tersebut. Ikatan kimia tersebut juga adalah ikatan atom yang terikat satu sama lain dalam senyawanya disebabkan oleh adanya gaya. Ada 2 jenis ikatan kimia yang terjadi, yakni ikatan ion dan ikatan kovalen.

Ikatan ion memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Masing-masing unsur harus ada yang melepaskan dan menerima elektron agar elektron terluarnya serupa dengan elektron valensi unsur-unsur gas mulia sehingga mencapai kestabilan.
  2. Unsur golongan alkali dan alkali tanah cenderung melepaskan eletron terluarnya untuk mencapai kestabilan dengan membentuk ion positif.

Sedangkan ikatan ion memiliki ciri-ciri :

  1. Unsur-unsur yang tidak melepaskan dan menerima elektron akan melakukan penggunaan bersama elektron valensinya dengan atom lain membentuk molekul unsur atau molekul senyawa.
  2. Dapat pula terbentuk oleh penggunaan bersama lebih dari satu pasang elektron
  3. Tidak semua unsur mampu menerima atau melepaskan elektron membentuk ion-ion

Model atom mekanika gelombang

Bilangan kuantum utama atau kulit atom biasanya disimbolkan dengan (n) dengan n = 1, n = 2, n=3, n = 4, n = 5, n =6, n = 7. Sedangkan bilangan kuantum azimut atau subkulit atom biasanya disimbolkan dengan ()

l = 0, subkulit s

l = 1, subkulit p

l = 2, subkulit  d

l = 3, subkulit f

Bilangan kuantum magnetik atau sistem orbital atom biasanya disimbolkan dengan (m).

l= 0, subkulit s punya 1 obital ; m = 0

l = 1, subkulit p punya 3 orbital ; m = -1, m = 0, m = 1

l = 2, subkulit d punya 5 orbital ; m = -2, m = -1, m = 0, m = 1, m = 2

l = 3, subkulit f punya 7 orbital ; m = -3, m = -2, m = -1, m = 0, m = 1, m = 2, m =3

Sumber : Buku Kimia kelas XI, Ganeca Exact

1 thought on “Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

  1. Untuk ciri ciri ikatan kovalen mana ya kak

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.