Posted on 1 Comment

Cara meningkatkan bilangan oktan yang aman

Minimum Octane Rating
Minimum Octane Rating (Photo credit: Henderson Images)

Bensin terdiri dari campuran kompleks hidrokarbon. Sebagian besar adalah alkana dengan 4-10 atom karbon per molekul. Jumlah yang lebih kecil dari senyawa aromatik yang ada. Alkena dan alkuna juga dapat muncul dalam bensin. Bensin yang paling sering diproduksi oleh distilasi fraksional minyak bumi, juga dikenal sebagai minyak mentah (itu juga dihasilkan dari batubara dan minyak serpih). Minyak mentah dipisahkan sesuai dengan titik didih yang berbeda ke dalam fraksi. Proses distilasi fraksional menghasilkan sekitar 250 mL bensin untuk setiap liter minyak mentah. Hasil bensin dapat digandakan menjadi dua kali lipat dengan mengubah fraksi titik didih yang lebih tinggi atau lebih rendah menjadi hidrokarbon dalam kisaran bensin.

Dua proses utama yang digunakan untuk melakukan konversi ini adalah cracking(cracking adalah proses pemecahan molekul hidrokarbon yang kompleks menjadi hidrokarbon yang lebih ringan) dan isomerisasi.

Dalam cracking, fraksi berberat molekul tinggi dan katalis dipanaskan sampai titik di mana ikatan karbon-karbon putus. Produk dari reaksi termasuk alkena dan alkana dengan berat molekul yang lebih rendah daripada yang muncul dalam fraksi aslinya. alkana dari reaksi cracking ditambahkan ke bensin  untuk meningkatkan hasil bensin dari minyak mentah. Contoh dari reaksi cracking adalah:

alkana C13H28 (l) → alkana C8H18 (l) + alkena C2H4 (g) + alkena C3H6 (g)

Dalam proses isomerisasi, alkana rantai lurus diubah menjadi isomer rantai bercabang, yang membakar lebih efisien. Misalnya, pentana dan katalis dapat bereaksi untuk menghasilkan 2-methylbutane dan 2,2-dimethylpropane. Juga, beberapa isomerisasi terjadi selama proses cracking, yang meningkatkan kualitas bensin.

Dalam mesin pembakaran internal, kompresi campuran bensin-udara campuran memiliki kecenderungan untuk menyalakan secara prematur daripada membakar dengan lancar. Hal ini menciptakan ketukan(istilah untuk nyala mesin) mesin.  Angka oktan bensin adalah ukuran ketahanan untuk menyala. Angka oktan ditentukan dengan membandingkan karakteristik bensin untuk isooctane (2,2,4-trimethylpentane) dan heptana. Isooctane diberikan sebuah angka oktan 100. Ini adalah senyawa yang  bercabang dan membakar dengan lancar, dengan sedikit penyalaan. Di sisi lain, heptana diberi nilai oktan dari nol. Ini adalah senyawa tak bercabang dan nyalanya buruk. bensin biasa memiliki angka oktan sekitar 70. Dengan kata lain, bensin memiliki sifat nyala yang sama campuran isooctane 70% dan 30% heptana. Cracking, isomerisasi, dan proses lainnya dapat digunakan untuk meningkatkan nilai oktan bensin menjadi sekitar 90.  agen anti-nyala dapat ditambahkan untuk lebih meningkatkan nilai oktan. Tetraetil timbal, Pb (C2H5) 4, adalah salah satu agen tersebut, yang ditambahkan ke gas pada kecepatan hingga 2,4 gram per galon bensin. Namun peraliha ke bensin tanpa timbal telah mewajibkan penambahan senyawa lain yang lebih mahal, seperti aromatik dan alkana bercabang , untuk mempertahankan angka oktan tinggi.
Pompa bensin di beberapa negara biasanya menunjukkan nomor oktan sebagai rata-rata dari dua nilai yang berbeda. Sering kali Anda mungkin melihat nilai oktan dikutip (R + M) / 2. Salah satu nilai research octane number (RON), yang ditentukan dengan mesin uji berjalan pada kecepatan rendah 600 rpm. Nilai lainnya adalah motor octane number (MON), yang ditentukan dengan mesin uji berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi dari 900 rpm. Jika, misalnya, bensin yang memiliki RON dari 98 dan MON dari 90, maka angka oktan ditulis akan menjadi rata-rata dari dua nilai atau 94.

Bensin oktan tinggi tidak selalu mengungguli bensin beroktan rendah dalam mencegah deposito mesin dari pembentukan,  menghilangkan , atau membersihkan mesin dari endapan.

Jadi Bilangan oktan didasarkan pada ketahanan bahan bakar untuk tahan terhadap nyala, semakin tinggi bilangan oktan, maka akan semakin tahan terhadap pembakaran. Bilangan oktan yang rendah berarti bensin diberi sedikit nyala saja akan langsung terpicu terbakar dengan banyak atau tak terkendali.

Berikut ialah beberapa cara untuk meningkatkan bilangan oktan bensin yang dikutip dari

GS-Xtra

1213 Gornto Road
Valdosta, GA 31602
(912) 244-0577
Editor: Richard Lasetter, president Gran Sport Club of America (GSCA)

Mau lihat formulanya gimana? yuk lanjut ke halaman 2

1 thought on “Cara meningkatkan bilangan oktan yang aman

  1. misalnya bensin oktan 92 ditambah xylene 30% nilai oktan nya jadi 99 ? komposisi nya gmn gan? ane penasaran…

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.