Posted on 1 Comment

Materi dan Klasifikasinya

Materi dan Klasifikasinya
Kimia adalah cabang ilmu yang mempelajari materi, struktur, sifat-sifatnya dan perubahan materi serta energi yang terlibat didalamnya. Materi didefinisikan sebagai setiap benda yang menempati ruang dan memiliki massa.
Materi sendiri digolongkan menjadi beberapa golongan lagi seperti pada gambar.

Materi dibagi 2 yaitu zat murni dan campuran.
Zat murni hanya terdiri dari suatu zat saja, zat murni dibagi 2 menjadi unsur dan senyawa. unsur ialah zat dalam bentuk atom, seperti yang kita lihat di tabel periodik. ada Na, Li, Cl, F, I, dan sbagainya.
Senyawa ialah sebuah gabungan dari Unsur yang menjadi sebuah kesatuan baru dengan sifat yang baru pula, misalnya NH3 , HCl,dll.
(Baca Juga Artikel macam macam pemisahan campuran)
Campuran dibagi menjadi 2 juga yaitu Homogen dan Heterogen. Homogen ialah campuran dari beberapa unsur atau senyawa yang sifatnya stabil misalnya ketika kita membuat air gula dan air garam, campuran tersebut merupakan  campuran homogen. sedangkan heterogen ialah campuran yang sifat partikel terlarutnya besar atau bahkan tak bisa melarut. contohnya campuran air dengan pasir.
Banyak benda di sekitar kita yang dapat klasifikasikan sendiri. cobalah menggolongan benda di sekitar anda. belajarlah dengan menyenangkan.

1 thought on “Materi dan Klasifikasinya

  1. […] (Baca juga Klasifikasi Materi) […]

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.