Posted on 2 Comments

mengapa jemuran kering ? kan titik didih air 100 C

The drying clothes
The drying clothes (Photo credit: pedrosimoes7)

Pernahkan kalian terpikirkan saat menjemur pakaian atau melihat jemuran yang kering setelah dicuci, memang sih saat dijemur itu panas dibawah teriknya sinar matahari. tapi kalau sampai 100C berarti kita bisa masak air donk ya di bawah sinar matahari?

Jawabannya tentu tidak teman – teman. kenapa? karena mendidih dan menguap adalah sesuatu hal yang berbeda. ketika mendidih, air telah mencapai titik didihnya dan semua molekulnya bergejolak bergerak tak acak dengan energi tinggi sehingga molekul melepas ikatannya dan menjadi bentuk gas (uap air)

berbeda halnya dengan menguap. bagi anda yang memelihara ikan di akuarium, pasti anda pernah merasa heran dengan air di akuarium yang tiba tiba berkurang sehingga harus ditambah airnya lagi.

ya, itulah menguap. menguap ialah kejadian dimana molekul air(H2O) memiliki energi kinetik yang tinggi sehingga ikatannya putus. molekul air yang terletak di tempat yang dalam dibawah pengaruh tekanan sehingga terus bergerak dan mentranfer energinya ke molekul air yang ditabraknya. hal itu terjadi terus menerus hingga di lapisan atas dan akhirnya terjadilah penguapan.

Perumpamaan: ada sebuah permainan tabrak menabrak antar mobil yang dipasangin bom. aturannya setiap mobil yang berhasil menabrak akan memindahkan bomnya ke yang ditabrak. dan jika mobil telah memiliki 10bom, mobil akan meledak dan keluar dari permainan. semoga ga buat tambah bingung ya. kalau ada yang penya perumpamaan lebik baik bisa dibantu ya teman – teman. 🙂

 

2 thoughts on “mengapa jemuran kering ? kan titik didih air 100 C

  1. […] 4. Evaporasi (evaporasi) Jika garam dicampur dengan air akan terbentuk larutan, larutan tersebut tidak dapat dipisahkan dengan metode filtrasi maupun sentrifugasi. Metode yang digunakan untuk memisahkan zat padat yang terlarut dari larutannya disebut evaporasi. Sebagai contoh adalah larutan garam, larutan dipanaskan secara perlahan dengan uap air. Selama pemanasan, air dibiarkan menguap perlahan-perlahan hingga habis dan meninggalkan kristal garam sebagai residu. (Artikel unik mengenaik evaporasi. Baca disini ) […]

  2. […] Contoh : pembuatan garam dari air laut (Contoh lain evaporasi) […]

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.