Perbedaan Sampah Organik dan Anorganik


Sampah telah menjadi salah satu permasalahan yang sangatlah fatal dan penting di negara Indonesia

Organic & Inorganic
Organic & Inorganic (Photo credit: Travis S.)

ini. Sampah menumpuk dimana mana karena sangat rendahnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap bahaya sampah terhadap lingkungan dan kesehatan serta ekonomi. Sudah ada beberapa orang yang menggalangkan dukungan terhadap gerakan kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, dan menyediakan tempat sampah dengan pemisahan jenis sampah agar lebih mudah di proses. Salah satunya jika kita melihat di bebrapa tempat. kita akan melihat 2 buah tempat sampah yang bertuliskan sampah Organik dan sampah anorganik.

Definisi organik dan anorganik disini sedikit berbeda dengan definisi organik dan anorganik dalam dunia kimia. Dalam pembagian sampah, sampah organik ialah sampah yang berasal dari makhluk hidup (tumbuhan dan binatang) dan dapat dengan mudah terdekomposisi. Sedangkan sampah Anorganik ialah sampah dari bahan bahan buatan manusia seperti kaca, logam logam, plastik, dan kertas.

Jadi ketika anda minum es di plastik, simpanlah dahulu atau peganglah dahulu. Jika anda melihat ada dua tempat sampah bertuliskan anorganik dan organik. Sekarang anda sudah tahu membuangnya dimana. Ya! buanglah di tempat sampah Anorganik.

Pembagian ini dilakukan untuk memudahkan proses daur ulang plastik. Masing masing jenis sampah dapat di daur ulang dengan cara yang berbeda beda sesuai jenisnya. Jadi idealnya, di rumah, kita memiliki 5 macam tempat sampah. Sampah organik, Kaca, Logam, Plastik, dan kertas. Hanya dengan mengumpulkan sampah dengan pembagian seperti itu. Anda bisa juga memngumpulkan uang. Telah terbukti banyak pengusaha sampah yang mendapat banyak uang hanya dengan menjadi pengumpul sampah dan mengolah atau hanya menjualnya lagi ke produsen. Selain dapat berpartisipasi menjaga lingkungan, anda juga dapat mengumpulkan uang. Anda berminat?

Referensi

http://library.thinkquest.org/26531/garbage.htm

Tentang iklan-iklan ini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s