Cara Kerja Kipas Angin


Kipas angin merupakan salah satu alat elektrinik yang paling umum di indonesia karena indonesia merupakan negara tropis yang panas dan juga harga kipas angin yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan AC (Air Conditioner).
Namun pernahkan anda berpikir bagaimana sih kipas angin ini bisa menembakkan anginnya? bagaimana pula helikopter bisa terbang hanya dengan menggunakan baling baling? Yang jelas semua hal tersebut tidak akan terjadi jika hanya menggunakan baling – baling datar.
Semua ini terjadi karena gaya fisika angin yang terdorong oleh baling baling yang berbentuk miring.

baling baling datar

Gambar diatas menunjukaan jika 1 baling baling datar dilihat dari atas dan di gerakkan secara maju seolah olah ketika baling baling akan berputar. Karena datar makan tidak terjadi apa apa kecuali baling baling yang bergerak. karena kondisi disebelah baling baling masih sama.

Bedakan dengan gambar dibawah ini:

Baling miring

Gamabr diatas menunjukkan baling baling miring yang sedang bergerak maju seolah olah baling baling yang sedang berputer. Karena bentuknya yang miring maka ketika di depannya ada angin, angin akan mengikuti bentuk kemiringan baling baling sehingga akan bergerak ke arah tertentu. Gambaran diatas hanya untuk satu baling baling. Jika ada 4 ? kalikan saja 4. Jika kecepatannya di ditingkatkan maka tentu saja banyaknya angin yang di pindahkan akan semakin banyak.

Pada helicopter, Angin di pindahkan ke bawah dengan sangan kuat dan banyak sehingga karena gaya dorong angin yang sangat besar, akhirnya helicopter yang berat sekalipun dapat terangkat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s