Cara Membaca Informasi Nilai Gizi pada Makanan


Di pasaran sudah beredar sangat banyak beredar berbagai macam makanan, baik makanan segar,

Cheetos nutrition facts
Cheetos nutrition facts (Photo credit: chelsey.baldock)

olahan, kemasan, siap saji dan sebagainya. Makanan tersebut ada yang impor, lokal bahkan lokal dengan merek luar. Namun tahukah anda sebenarnya apa saja yang akan anda makan dari makanan makanan tersebut?

Setiap makanan memiliki komposisinya sendiri dan kandungan yang berbeda beda tergantung dari bahan dasar pembuatnya. Oleh karena itu kita harus sadar bahwa kita tidak boleh hanya memakan jenis makanan yang sama terlalu banyak karena hal tersebut akan membuat tubuh kita kekurangan variasi asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Untuk membatasi hal tersebut, yang kita butuhkan ialah mengetahui kandungan dari makanan yang kita makan. Memang tidak semua makanan dapat diketahui kandungannya, makanan tanpa kemasan belum bisa diketahui kandungannya. Untuk makanan atau minuman kemasan kita bisa lihat kandungan gizinya karena sebelumnya ditelah diuji dan diukur kadar gizinya.

Informasi yang memuat mengenai kebutuhun gizi tubuh manusia disebut Angka Kecukupan Gizi (AKG). Pemerintah telah mengeluarkan informasi ini pada tahun 2004.

AKG 2004

Jika dilihat dari tabel tersebut, kebutuhan antara wanita dan pria, muda dan tua ternyata berbeda beda. Namun hal itu secara umum, jika anda memiliki kebutuhan untuk kerja keras. silahkan di tambahkan.

Pada makanan kemasan, ada sebuah kotak atau tabel kecil yang bertuliskan “INFORMASI NILAI GIZI” , disana berisikan informasi tentang kandungan gizi pada makanan tersebut di bandingkan dengan AKG. Karena AKG berbeda beda untuk tiap kelompok, untuk “INFORMASI NILAI GIZI” biasanya diambil satu patokan umum yang sama untuk setiap industri.

Photo Credit : Pankrasius

Pada gambar diatas ialah contoh informasi nilai gizi. Takaran saji berarti 1 kali pemakaian untuk dimakan, bukan menunjukkan kandungan gizi totalnya. Dalam melihat tabel diatas yang harus kita perhatikan ialah %AKG. Jangan sampai melebihi 100% karena bisa berbahaya jika kelebihan. Kemudian lihat juga kandungan jenis gizinya, pada contoh diatas. Hanya ada lemak, karbohidrat, serat, protein, Bitamin B1 dan Besi. Jadi carilah bahan pangan lain yang mengandung berbagai jenis gizi lain seperti Vitamin A, C, E, K, Zinc dan berbagai kandungan lainnya yang bermanfaat.

Jadi jangan lupa untuk melihat Informasi Nilai Gizi pada kemasan makanan yang anda beli ya. Agar kebutuhan giza anda terpenuhi secara tepat. Tidak kurang banyak dan juga tidak berlebihan.

 

Tentang iklan-iklan ini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s