Pernah mendengar instrumen? Instrumen bukanlah sebuah alat musik(kecuali instrumen musik), instrumen Instrumen kimiaadalah suatu peralatan dengan fungsi tertentu yang membantu manusia dalam menyelesaikan suatu tugas. Oleh karena itu instrumen analisis merupakan suatu alat  untuk membantu melakukan suatu analisis terhadap sampel kimia .

Ada 2 macam analisis kimia, analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.

Analisis kuantitatif ialah analisis untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan  tertentu dalam suatu sampel. Misalnya menentukan apakah ada kandungan Fe(besi) dalam kerang hijau

Analisis Kualitatif ialah analisis untuk menentukan jumlah suatu parameter tertentu dalam suatu sampel. misalnya menentukan banyaknya kadar Fe(besi) dalam kerang hijau.

Sudah jelaskan apa bedanya?

Sangat banyak instrumen kimia yang telah dibuat dan digunakan. oleh karena itu disini hanya akan dijelaskan beberapa diantaranya.

  1.  XRF , X-Ray Flourescence yaitu metode analisis dengan menggunakan sinar X sebagai sumber sinarnya. Pada XRF, sampel akan di sinari dengan sinar X hingga elektronnya terlempar keluar akibat tumbukan dengan partikel sinar X. Kemudian elektron di kulit atasnya akan turun ke bawah dan menempati tempat dimana sebelumnya ada elektron yang keluar. Turunnya elektron dari tempat berenergi tinggi ke tempat bernergi rendah ini akan menghasilkan sinar flourescence yang  berbeda beda dari tiap atom. spesifikasi energi inilah yang mendasari analisis dari sampel. XRF dapat melakukan analisis kualitatif dan kuantitatifXRF
  2. NAA ,Neutron Activation Analysis atau analisis aktivasi neturon ialah metode analisis yang sangatreaksi Neutronakurat dan memiliki sensitifitas yang sangat tinggi hingga dapat   mendeteksi kandungan dengan tingkat ppb. metode ini menggunakan radiasi radioaktif sehingga butuh penanganan yang lebih tinggi. Prinsip analisisnya yaitu dengan menghitung energi radiasi dari sampel sehingga diketahui  komposisi sampelnya. Enargi radiasi juga spesifik berbeda beda tiap unsur. Metodenya yaitu menyinari sampel dengan neutron sehingga sampel yang tadinya stabil akan akan menjadi tidak stabil dan mengeluarkan radiasi, energi radiasi inilah yang diukur energinya sehingga dapat diketahui kadar dan komposisi dari sampel.
  3. AAS, Atomic absorption Spectroscopy atau Spektroskopi serapan atom ialah suatu metode pengukuranaas yang didasarkan pada serapan sinar oleh atom, Jadi padaa AAS, suatu sampel yang akan di analisis akan di destruksi dahulu agar homogen, lalu ditempatkan pada tempat sampel, sampel akan dibakar dengan gas tertentu hingga lebih dari 1000C sehingga teratomisasi. saat itulah sampel akan disinari dan, akan mengabsorp sinar hingga tereksitasi. setiap unsur memiliki panjang gelombang yang berbeda sehingga dapat diidentifikasi unsurnya.
  4. MS,Mass Spectroscopy atau spektroskopi masa ialah metode analisis yang didasarkan pada energi mass spectroscopykinetik tiap atom. prosedurnya molekul yang akan dianalisis diuapkan terlebih dahulu lalu di ionisasi, kemudian dipercepat. disinilah perbedaan energi atom terlihat, atom akan melewati suatu medan magnet tang lorongnya berbelok. jika massa nya terlalu kecil akan dibelokkan dengan mudah , sedangkan jika masanya besar pembelokkannya hanya sedikit. sehingga atom atom yang sampai ke detektor tidak semuanya.

Tulisan ini akan terus di update sesuai dengan permintaan pembaca yang berkomentar disini, oleh karena itu jika ingin yang lain. Jangan segan untuk berkomentar disini. :D

Tentang iklan-iklan ini

About krisnadwi

seseorang yang merangkap peran sebagai Blogger, Wirausahawan, pedagang, Kimiawan. hidup itu untuk mencari akhirat, tapi jangan sampai lupakan dunia.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s