Perubahan Lambang Unsur Dari Waktu ke Waktu


Seringkali suatu lambang atau gambar memberikan informasi atau keterangan lebih cepat daripada kata-kata. Dalam ilmu kimia pun digunakan lambang-lambang untuk memudahkan penulisan nama unsur. Namun, penulisan lambang-lambang tersebut telah mengalami perubahan mulai dari jaman Mesir dan Yunani kuno sampai dengan lambang unsur modern yang digunakan saat ini.

Pada jaman Mesir dan Yunani kuno, para ahli kimia memberikan lambang pada unsur-unsur yang telah dikenal sebagai berikut.

lambang nsur yunani
lambang unsur yunani

Setelah itu, John Dalton mencoba menyederhanakan lambang unsur-unsur tersebut dengan menggunakan dasar lingkaran. Di dalam lingkaran tersebut ditulis lambang khusus untuk setiap unsur. Berikut lambang-lambang unsur hasil ciptaan daru John Dalton.

lambang unsur
lambang unsur

Ternyata, lambang unsur John Dalton ini juga masih memiliki kelemahan. Pada tahun 1814, Johns Jacob Berzelius yang merupakan ahli kimia yang berasal dari Swedia, beliau mengemukakan lambang unsur yang akhirnya tetap digunakan sampai sekarang ini. Lambang unsur tersebut berlaku secara universal di seluruh dunia. Nama suatu unsur dapat berbeda di setiap negara sesuai dengan bahasanya, tetapi lambang setiap unsur selalu sama.

Lambang unsur-unsur yang dikemukakan oleh Berzelius terdiri dari satu sampai tiga huruf yang diambil dari nama unsur yang bersangkutan. Tentunya, Anda telah mengatahui bagaimana lambang unsur yang digunakan hingga sampai saat ini bukan?

Sumber : Johnson, Kurikulum 2004 Sains Kimia SMP, Bandung

Tentang iklan-iklan ini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s