Cara Membuat Kalium Nitrat Sendiri di Rumah (Jual KNO3)


Kalium Nitrat (KNO3) digunakan untuk proyek-proyek kimia, terutama untuk membuat bom asap. Kalium Nitrat banyak tersedia di toko toko. Namun, anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Inilah bahan yang Anda perlukan :
1. 40 g amonium nitrat
2. 37 g kalium klorida
3. 100 ml air

Cara membuatnya :
Larutan air amonium nitrat dan kalium klorida direaksikan untuk pertukaran ion dan membentuk kalium nitrat dan amonium klorida. Amonium klorida jauh lebih mudah larut dalam air daripada kalium nitrat, sehingga Anda akan mendapatkan kristal kalium nitrat, yang dapat dipisahkan dari larutan amonium klorida.

NH4NO3 + KCl → KNO3 + NH4Cl

1. Larutkan 40 g amonium nitrat ke dalam 100 ml air.
2. Saring larutan melalui alat penyaring untuk menghapus materi yang tidak larut.
3. Panaskan larutan dengan 37 g kalium klorida untuk melarutkan garam.
4. Saring larutan dan masukkan dalam freezer untuk mendinginkan kalium nitrat.
5. Tuangkan amonium klorida, sisakan kristal kalium nitrat.
6. Setelah kristal kalium nitrat kering, Anda dapat menggunakannya untuk eksperimen kimia yang ada di website ini.

image

(sumber: chemistry.about.com)

Untuk produk KNO3 yang kami jual berupa sendawa ataupun pupuk

silahkan lanjutkan ke halaman 2

Tentang iklan-iklan ini

179 thoughts on “Cara Membuat Kalium Nitrat Sendiri di Rumah (Jual KNO3)”

    1. Trimakasih atas kunjungannya.

      Untuk itu saya tak bisa menjawabnya langsung Iya atau tidak
      yang jelas Kalium itu memiliki fungsi untuk
      – Mempengaruhi susunan dan mengedarkan karbohidrat di dalam tanaman.
      – Mempercepat metabolisme unsure nitrogen,
      – Mencegah bunga dan buah agar tidak mudah gugur.

      Namun yang dijual dipasaran biasanya kandungan KCl nya sekitar 50%-60%, sisanya yaitu K2O.

      Tapi ditinjau dari fungsi kalium itu sendiri. maka sangat jelas bahwa KCl bisa langsung diberikan sebagai pupuk. K2O hanya sebagai Sumber K yang lain.

      Semoga bermanfaat.

      Suka

  1. wah info nya sangat bermanfaat.
    mau tanya, proses pemanasannya pada suhu berapa? sampai mendidih ya? trus klo sudah jadi, berapa persen kandungannya K dan NO3 nya?
    sory pertanyaan nya agak banyak :-) thanks

    Suka

    1. Terima kasih kunjungannya
      Kalau untuk suhu berapa tidak ada tepatnya, tapi yang jelas jangan sampai mendidih, hal ini hanya diperlukan untuk mereaksikan reagen.
      Perbandingan K : NO3 tentu saja 50:50 dan ini merupakan kalium nitrat murni. :)

      Suka

  2. kalo amonium nitrat-nya dapet dari mana yah??? kemaren aku mau beli tapi malah dimarahin sama yang punya toko, katanya sih ga sembarangan dijual…

    Suka

    1. Iya dari toko kimia. Memang sekarang beberapa toko kimia ada yang membatasi pembelian secara bebas karena peraturan dr pemerintah. Namun jika anda memiliki surat pendukung . Itu tak menjadi masalah.

      Suka

      1. mas sorry nggangu bisa dikirim ke cepu nggak ? totalin sama harganya berapa kira kira ? facebook saya abdulah khoirur rafifil umam (rafi cah margaluyu)

        Suka

  3. Mas, barusan saya pesan lewat sms, konfirmasi secepatnya yah. Males saya pakai surat pendukung, pesan di toko bahan kimia sekitar juga lama baru sampai.

    Suka

  4. ok mkasih infonya gan ,!! saya mw coba bkin sndiri dlu dah ntar kalo ggal baru beli yg cap kopoe2,, lha Amonium nitrat & kalium klorida bsa didpt dmna y gan ” kalo di toko kimia kapok saya soalnya dah 3 toko kgak mw ngasih , thankzz

    Suka

  5. ane btuh 1 kg gan, klo yg cap kopoe2 apa g kmahalan thu 74gr dah Rp 12ribu , yg kiloan aj ada gk ? atau klo gak kasih tw cara dptin amonium nitrat dan kalium klorida dmna ,?? ok thankzzz

    Suka

  6. potassium itu kan bisa juga jadi bahan untuk pembuatan serbuk petasan ya, kalau ke madura bisa gag, kalau serbuk baja ada juga g’

    Suka

    1. Ongkos kirim ke lampung via JNE Reg yaitu 17/Kg
      Harga sendawa cap kopoe yaitu 12rb/74g namun karena dengan botol maka beratnya sekitar 100g . Tapi tingkat kemurnian tidak di ketahui
      Pupuk KNO3 Traktor 60rb/Kg , Komposisi K2O 46% dan N13%
      Nanti dihitung saja. Lalu transfer kesini
      Bni 0276752626
      Bca 7380326081
      An. Krisna dwi wardhana
      Terima kasih

      Suka

  7. Maaf gan saya mau tanya kalou.beli kalium nitrat kupu kupu ongkos kirim ke daerah subang jadi berapa per botolnya ya??kalou black powder punya ga gan,buat bikin petasan gan?.tks…

    Suka

  8. Mau tanya nih, punya ammonium phosphate (NH4)3PO4 atau monoammonium phosphate
    (NH4)H2PO4 atau diammonium phosphate (NH4)2HPO4 atau
    monopotassium phosphate KH2PO4 ?
    Kalo potassium sulfat dan magnesium sulfat?
    KNO3 kiloannya masih ada?
    Saya mau (belajar) budidaya mikro alga, bahan2 diatas utk mediumnya.
    terimakasih sebelumnya.. :-)

    Suka

    1. Ada alamtnya di halaman hubungi kami. Tp kalo mau dtg harus janjian dlu ya.
      Mau beli kno3 yang mana? Dan berapa banyak?
      Untuk pupuk kalo mau banyak. Kami g ready stok pak. Tp kalau sendawa lumayan

      Suka

  9. Sory gan mau numpang nanya sedikit tapi agak di luar topik sedikit. Soalnya sudah googling sana sini tapi belum ketemu jawaban yg pas. Siapa tau agan bisa bantu. Sy berharap penverahan dari agan.
    Kalo untuk penyemprotan di tanaman, KOH (kalium hidroksida) 90% bisa dipake gak gan ??? Thanks sebelumnya.

    Suka

    1. KOH kan basa kuat. sumber yang baik untuk ion K+. Tapi KOH ini basa kuat. Bisa menaikkan pH tanaman. Bisa bisa nanti tanamannya terlalu basa jadi rusak. coba lihat dulu apa tanamannya kuat dengan pH basa. Patinya kalaupun di semprot. jangan banyak2

      Suka

  10. nomor pa pin yg bisa di hubungi mas..Ya dah maz saya mau pesen…
    tpi apa gx bisa lewat pos mas..
    Pa lewt tiki…. Soalnya jne jauh dri rmah saya

    Suka

  11. @mas hadi : beda mas, kalo soda kue NaHCO3, kalo potassium nitrat KNO3, memiliki peran yang berbeda juga…NaHCO3 (soda kue) kalo bereaksi dengan zat lain menghasilkan CO2 yang bisa bikin kue mengembang…KNO3 sbg bahan pembuat petasan,,,semoga bermanfaat ^_^

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s